fbpx
Select Page

Semua orang pasti memiliki potensi besar untuk sukses. Semua orang pasti memiliki kemampuan dan kelebihan masing-masing namun terkadang diri sendiri tidak merasa percaya dengan kemampuan diri dan hal itu akan membuat potensi diri tidak maksimal sehingga memilih pasrah dan menjalani kehidupan yang biasa-biasa saja. Oleh karena itu percaya diri merupakan salah satu hal yang penting dan harus dimiliki setiap orang.

Percaya diri merupakan suatu kemampuan untuk menyakinkan diri pada kemampuan dan kelebihan yang kita miliki agar dapat mengembangkan diri sendiri. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi percaya diri yaitu fisik, pengalaman hidup dan keluarga. Setiap orang harus memiliki percaya diri agar setiap orang mengerti bahwa semua orang pasti memiliki kompetensi yang bermanfaat untuk hidupnya. Namun percaya diri juga tidak boleh berlebihan, harus pas sesuai porsinya.

Memiliki rasa percaya diri dapat membuat hidup setiap orang menjadi lebih positif karena apabila kita memiliki rasa tersebut maka kita tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Selain itu, kita lebih mudah untuk menerima kekurangan yang ada dalam diri dan tidak fokus dengan kekurangan tersebut sehingga kita dapat memaksimalkan kelebihan untuk mencapai cita-cita. dan kabar baiknya, percaya diri itu ternyata dapat dilatih. Berikut beberapa cara untuk melatih percaya diri

Jangan membandingkan diri dengan orang lain 

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, hal itu harus kamu tanamkan pada otakmu. Jangan membandingkan agar kamu bisa fokus untuk mencapai kesuksesan kamu sendiri

Stop menyalahkan diri sendiri

Setiap orang punya “jatah”untuk gagal, itu merupakan salah satu hal yang biasa saja dalam kehidupan jadi stop untuk menyalahkan diri apabila kamu mengalami kegagalan.

Mencoba melakukan aktivitas fisik

Beberapa penelitian mengatakan bahwa aktivitas fisik dapat meningkatkan rasa percaya diri karena dapat membuat tubuh lebih fit.

Jangan Overthinking

Biasakan diri kamu untuk berpikir positif dan jangan overthinking, pikir sesuatu yang baik terlebih dahulu, jangan negatif. Semua yang terjadi bisa saja datang dari pikiran jadi kamu harus biasakan untuk berpikir yang baik agar mendapat hasil yang baik juga.

Keluar dari Zona Nyaman

Misalnya kamu terbiasa melakukan sesuatu yang sama setiap hari, sesekali cobalah hal baru. Dengan begitu, kamu bisa belajar bahwa melakukan hal-hal yang sebelumnya terlihat mustahil sebetulnya tidak terlalu sulit.

Nilai diri kamu sendiri

Coba pikirkan apa kekurangan dan kelebihan diri kamu dan kamu harus sesekali menanyakan validasi dari orang lain agar kamu tau langkah kedepannya harus seperti apa.

Nah berikut sedikit penjelasan mengenai percaya diri. Buat kamu yang masih minder, coba latih percaya diri kamu ya!

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan mengikuti Lomba karena dengan lomba kamu dapat mengukur kemampuan diri, melatih mental dan berani tampil di depan umum. STMIK LIKMI juga akan mengadakan lomba tingkat SMA/SMK loh. Cek instagramnya yuk!