fbpx
Select Page

Artificial intelligence (AI) merupakan sebuah teknologi kecerdasan buatan yang diciptakan agar dapat membantu melakukan tugas-tugas yang dilakukan oleh manusia. AI ini telah digunakan pada bidang-bidang industri, teknologi bahkan kedokteran sekali pun. AI muncul sekitar tahun 1950-an dan terus berkembang sampai saat ini, tahun 2000-an, AI mulai diterapkan pada bidang perjalanan dan transportasi bahkan sampai bidang periklanan dan pemasaran. Lalu pada tahun 2010-an, AI diterapkan pada bidang kedokteran serta pertanian.

Pada bidang Teknologi Informasi, AI biasanya digunakan pada pembuatan sistem chatbot, sistem pengenalan bahasa, sistem pengenalan wajah bahkan sistem rekomendasi yang dapat memberikan rekomendasi produk atau layanan kepada penggunanya berdasarkan riwayat pencariannya. Pada bidang Kedokteran, AIdigunakan pada analisis data kesehatan pasien, dapat memberikan diagnosis singkat mengenai keluhan. Sedangkan contohnya pada bidang industri, Ai dapat mengontrol proses produksi, menganalisis data produksi, atau mengoptimalkan rute pendistribusian barang.

Apa sih kelebihan AI?

  • Bisa melakukan kegiatan dengan cepat
  • Kegiatan yang dilakukan selesai dengan cepat
  • Tidak membutuhkan upah atau gaji dibanding manusia
  • Dapat melakukan problem solving dengan cepat

AI secara garis besar mampu menggantikan posisi manusia dalam pekerjaan. Namun kekurangan AI adalah hanya dapat melakukan kegiatan yang telah ditetapkan oleh pemrogramnya, sehingga bagi seseorang yang memiliki kemampuan IT maka AI itu bukan menjadi Ancaman. Makanya daftarkan diri kamu ke Program S1 Creative Digital Technology STMIK LIKMI, disini kamu akan mempelajari ilmu-ilmu seputar teknologi seperti pemograman. Bahasa pemograman yang dipelajari di LIKMI juga akan selalu terupdate seiring perkembangan zaman. Jadi, tunggu apa lagi?