fbpx
Select Page

Salah satu hal yang menjadi favorit banyak orang adalah mengkonsumsi kopi dan menurut beberapa orang mengkonsumsi kopi sudah menjadi kebiasaan yang tidak dapat dilewatkan. Menikmati kopi hangat di pagi hari sangat dinikmati beberapa orang agar menenangkan hati tetapi beberapa orang lainnya lebih suka kopi dingin di diang hari agar mendinginkan suasana.

Melansir dari Bustle, Christine Beck, One Medical Provider menerangkan bahwa kopi kadang memiliki rentang yang lebar terkait kandungan kafein di dalamnya dan kekuatan kandungan kafein dari masing-masing kopi bisa tergantung dari bagaimana menyeduhnya serta berapa banyak kamu meminumnya.

Dilihat dari cara menyeduh, kopi dingin yang diberi es batu akan sama kandungan asamnya dengan kopi yang diseduh menggunakan air panas. Namun apabila diseduh dengan cara Cold Brew maka kadar asamnya lebih rendah dan harus sedikit diencerkan sebelum diminum sehingga kemungkinan kopi yang diseduh biasa akan lebih berdampak ke perut. Kandungan antioksidan kopi panas juga lebih tinggi dibanding kopi yang diseduh dengan Cold Brew.

Perbedaan yang harus diketahui adalah bahwa semakin panas air yang digunakan untuk menyeduh kopi maka kadar kafein yang diekstrak juga semakin banyak. Kesimpulannya kopi yang diseduh dengan suhu panas akan memiliki lebih banyak kandungan kafein namun perbedaan kandungan kafein di dalam kopi  tidak akan terlalu besar.

Sumber: https://www.merdeka.com/sehat/antara-kopi-dingin-dan-panas-mana-yang-memiliki-kandungan-kafein-lebih-banyak.html