fbpx
Select Page

Setiap orang pasti ingin menjalankan puasanya lancar hingga akhir bulan Ramadhan. Puasa dapat membantu kita meningkatkan kesehatan. Dikutip dari Klik Dokter, puasa terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan memelihara kesehatan mental. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dari berpuasa:

♥ Dapat menurunkan berat badan

♥ Menjaga kesehatan jantung

♥ Dapat mengurangi resiko diabetes

♥ Membantu menjaga kesehatan mental

Manfaat dari puasa akan didapatkan secara optimal apabila kita menerapkan pola hidup sehat selama berpuasa. Tips-tips berikut ini dapat kamu terapkan saat kamu menjalankan puasa agar tubuh kamu semakin sehat dan bugar

1. Minum 8 gelas air putih

Disarankan untuk minum 8 gelas air putih setiap hari agar tubuh tetap sehat dan tidak mengalami dehidrasi. Pembagian pola minum air selama puasa dapat dilakukan 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur.

2. Kurangi mengkonsumsi gorengan

Setiap orang pasti sangat suka yang namanya gorengan, padahal makan gorengan merupakan salah satu hal yang harus dihindari saat puasa. Dikutip dari Hallosehat, makanan berminyak berlebih saat makan gorengan dapat memberikan tekanan pada sistem pencernaan. Hal ini dapat membuat gangguan pada pencernaan sehingga dapat mengganggu jalannya puasa.

3. Istirahat dan tidur yang cukup

Di bulan puasa, jam tidur akan terpotong untuk waktu sahur. Oleh karena itu, mengatur jadwal tidur sangat penting agar tubuh kita bugar dan lancar untuk menjalankan puasa.

4. Jangan melewatkan waktu sahur

Makanan yang dimakan saat sahur dapat memberi nutrisi dan energi agar kita lancar menjalankan puasa hingga buka puasa. Apabila melewatkan sahur, kita cenderung akan makan berlebihan saat berbuka puasa sehingga dapat menyebabkan berat badan naik.

Selamat menunaikan ibadah puasa ya #LIKMILeaders, semoga lancar hingga akhir bulan Ramadhan nanti. Have a nice day!