fbpx
Select Page

Gaya hidup pada zaman sekarang semakin banyak perubahan, setiap orang memiliki kebutuhan dan keinginan yang sangat banyak. Untuk memenuhi gaya hidup, harus kita harus memiliki pemasukan lain selain dari gaji atau uang jajan dari orang tua. Salah satu cara untuk mewujudkan masa depan dengan kondisi keuangan yang terjamin adalah investasi. Investasi akan memberikanmu keuntungan yang bisa digunakan untuk meningkatkan penghasilan atau dapat digunakan sebagai tabungan di masa depan.

Investasi sangat penting dilakukan sejak dini agar persiapan dana di masa depan dapat terencana. Terdapat banyak instrumen investasi yang dapat dilakukan seperti investasi deposito, emas ataupun saham. Untuk memilih jenis investasi harus didasarkan pada tujuan untuk melakukan investasi. Dilihat dari jangka waktu, investasi terbagi menjadi 3 jenis yaitu jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek. Investasi jangka panjang contohnya seperti deposito, properti, reksadana dan saham, investasi jangka menengah contohnya emas dan investasi jangka pendek contohnya penukaran kurs mata uang asing.

Apa saja keuntungan investasi?

#Pertama

Investasi dapat menjadi penghasilan tambahan atau Passive Income. Dengan investasi, kita dapat menghasilkan penghasilan tambahan walaupun kita diam. Contohnya saat kita melakukan investasi saham kita akan mendapatkan hasil atau return per bulan atau per tahun dan apabila harga saham saat naik kita dapat menjual saham dan menghasilkan keuntungan yang besar.

#Kedua

Modal memulai investasi sangat terjangkau. Contohnya saat ini investasi reksadana dapat dimulai dari Rp. 100.000 saja.

#Ketiga

Investasi mewujudkan tujuan keuangan di masa depan. Dalam memenuhi tujuan ini disarankan untuk memilih investasi jangka panjang dan aman karena untuk tabungan di masa depan

#Keempat

Investasi dapat menyelamatkan kita dari inflasi. Contoh inflasi adalah dengan uang Rp. 500 kita dapat membeli makanan pada tahun 1990an namun pada tahun ini uang tersebut hanya cukup untuk membeli permen.

#Kelima

Investasi dapat membuat uang menjadi produktif. Seperti investasi saham, kita dapat membeli saham dan menjalankan investasi tersebut sehingga uang tersebut menjadi produktif

#Keenam

Investasi menjadi tabungan saat tua nanti. Cari investasi terbaik dengan resiko yang kecil sebagai persiapan dana di masa tua nanti.

Kunci kesuksesan investasi saham adalah mau belajar, sabar dan konsisten. Jangan tergiur dengan investasi yang tidak jelas. Sekarang sudah paham kan tujuan dari investasi. Dilihat dari tujuannya, investasi merupakan salah satu hal yang penting saat ini. Tertarik untuk berinvestasi? konsultasikan ke Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia STMIK LIKMI.