fbpx
Select Page

Mahasiswa dituntut lebih aktif dalam hal pembelajaran, mahasiswa harus lebih tinggi levelnya dibanding siswa baik dalam segi pengetahuan, kemampuan dan etika. Mengapa demikian? Karena mahasiswa merupakan calon penerus pemimpin di masa depan. Hard skill dan Soft skill sangat dibutuhkan pada di dunia pekerjaan, di bangku perkuliahan ini mahasiswa harus dapat memanfaatkan kesempatan untuk melakukan pengembangan diri dengan mengasah Hard skill dan Soft skill. 

Apa itu Hard skill? Hard skill merupakan ilmu yang didapatkan melalui perkuliahan atau kursus singkat berupa materi dari dosen maupun praktisi. Sedangkan, Soft skill merupakan kemampuan tambahan seperti kepemimpinan, kerjasama tim, komunikasi, dan masih banyak lagi.

Bagaimana sih cara agar hard skill dan soft skill kita dapat berkembang dengan baik?

#1 Mengikuti Seminar

Dengan mengikuti seminar, mahasiswa dapat menambah wawasan dibidang tertentu sehingga wawasan kalian lebih luas lagi. Selain itu mahasiswa dapat mendapat relasi baru yang sangat bermanfaat dan berguna saat nanti memasuki dunia kerja. Lalu, seminar yang mahasiswa ikuti ini akan masuk ke dalam SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijasah) yang akan memuat tentang keaktifan kalian selama masa kuliah yang akan berguna untuk nilai plus saat melamar pekerjaan nanti.

#2 Ikut Pelatihan atau Kursus

Selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah mengikuti pelatihan atau kursus baik yang ada di kampus atau yang diluar kampus. Selain mendapatkan ilmu dan skill baru, maka kalian juga akan mendapatkan setifikat yang akan berguna sebagai nilai plus di mata perusahaan.

#3 Ikut Program Magang

Mahasiswa yang menginjak semester 6 diperbolehkan memilih antara kuliah atau magang di perusahaan. Hal ini dapat berguna untuk melatih kemampuan kerjasama dan komunikasi kamu, selain itu beberapa tempat magang juga memberikan uang saku loh.

#4 Membuat Bisnis Kecil-Kecilan

Mahasiswa LIKMI dapat menerapkan ilmu bisnis yang didapatkan saat kuliah dengan cara membuat usaha atau bisnis kalian sendiri. Selain mendapatkan uang penghasilan, kalian juga sudah memiliki usaha yang dikembangkan.

#5 Aktif di UKM

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan tempat yang cocok untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa Ada banyak macam jenis UKM seperti di LIKMI ada basket, paduan suara, LKOM, dan yang lainnya. Dengan mengikuti UKM, kalian akan mendapatkan skill berorganisasi juga.

#6 Ikut Organisasi

Dengan mengikuti orgasisasi seperti SENAT Mahasiswa, kalian akan mendapatkan banyak sekali permbelajaran. Kemampuan Leadership dan Problem solving akan terlatih melalui ini. Biasanya mahasiswa yang aktif berorganisasi mempunyai pikiran kritis, terbiasa dengan team work dan tentu saja masih banyak lagi keuntungan yang didapatkan.

Itu dia hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan diri. Tipsnya adalah jalani tanggung jawab di perkuliahan dan pintar dalam membagi waktu. Di LIKMI, Kamu bisa mendapatkan semua itu. Jadi segera daftarkan diri kamu ke LIKMI ya.