fbpx
Select Page

Bekerja sendiri merupakan hal yang mustahil dalam dunia pekerjaan, antara satu pekerjaan dan pekerjaan lain harus saling bekerja sama agar tercipta lingkungan kerja yang kompak. Dalam tim, tidak bisa satu maupun dua orang saja yang terlibat tetapi semua anggota tim harus mempunyai kesadaran tinggi agar membangun solidaritas tim. Berikut tips untuk membangun team work yang bisa dipraktekan, yaitu:

  1. Mempunyai tujuan atau target yang jelas

Dengan menetapkan tujuan atau target yang jelas, akan membuat anggota tim saling termotivasi dalam mencapai tujuan dan setiap anggota harus berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut.

  1. Saling berkomunikasi

Salah satu hal yang penting dalam team work adalah menjaga komunikasi, harus saling terbuka dan mencari solusi bersama-sama jika terjadi kesalahan.

  1. Menerima perbedaan pendapat dengan terbuka

Perbedaan pandangan dan cara berpikir sering membuat adanya salah paham sehingga terjadi konflik dalam tim maka dari itu semua anggota tim harus bisa menerima dan menghargai perbedaan pendapat dengan terbuka.

  1. Melakukan evaluasi kerja tim

Selalu lakukan evaluasi terhadap kinerja tim, apakah masih ada hal yang kurang, bagaimana kinerja masing-masing anggota, apa saja yang sudah dilakukan dan apa saja kekurangan yang harus diperbaiki agar bisa mencapai tujuan bersama

  1. Dapat memecahkan konflik

Konflik atau masalah pasti selalu ada dalam dunia kerja, kemampuan memecahkan masalah harus dimiliki tim agar mempunyai solusi dari setiap masalah sehingga dapat mencapai tujuan

Sumber: https://www.idntimes.com/life/career/ruhil-anadiah-sabrina-1/tips-efektif-membangun-teamwork-di-tempat-kerja/5