fbpx
Select Page

Kinerja handphone dapat menurun seiring berjalannya waktu. Hal ini dikarenakan beberapa faktor seperti usia pemakaian, kesehatan baterai, kapasitas memori dan lainnya, namun ada beberapa cara untuk meningkatkan kinerja handphone agar tidak menjadi lemot. Dikutip dari CNN Indonesia, berikut beberapa cara yang dapat diterapkan agar handphone kalian tidak lemot

#1 Update Sistem

Dengan rutin melakukan pembaruan sistem IoS / Android ke versi terbaru dapat memaksimalkan kinerja sekaligus meningkatkan keamanan pada handphone. Proses update sistem ini sangat mudah dilakukan dan apabila kalian terhubung dengan WiFi maka biasanya terupdate secara otomatis.

#2 Membersihkan Ruang Penyimpanan

Tips selanjutnya adalah membersihkan ruang penyimpanan secara rutin agar tidak melebihi kapasitas. Hapus foto atau video yang tidak diperlukan dan lakukan pencadangan data handphone

#3 Cek Kesehatan Baterai

Cek kesehatan dan rawat kesehatan baterai handphone dengan cara tidak menjalankan banyak aplikasi dalam waktu yang bersamaan sekaligus, menonaktifkan mode Wi Fi dan bluetooth saat tidak digunakan, dan memperhatikan waktu pengisian baterai handphone.

#4 Hapus Aplikasi Tidak Terpakai

Jangan terlalu banyak men-download aplikasi yang tidak digunakan karena hal tersebut akan menguras ruang penyimpanan dan dapat mengurangi kinerjanya. Apabila ada aplikasi yang tidak terpakai, kamu sebaiknya menghapusnya.

#5 Membersihkan Cache

Membersihkan cache pada handphone akan sangat berpengaruh pada kinerjanya. Cache yang menumpuk akan membuat handphone terasa lemot saat digunakan, perangkat rentan mengalami freezing yang mengakibatkan layarnya tidak sensitif ketika diberi perintah.

Informasi ini sangat membantu kan #LIKMILeaders? Tunggu informasi menarik selanjutnya ya! Happy Weekend