fbpx
Select Page

Hai #LIKMILeaders, apa sih itu Percaya Diri?

Jadi, percaya diri merupakan sifat yang dimiliki seseorang bahwa dirinya merasa percaya dan yakin terhadap kemampuan yang di dalam dirinya untuk menyelesaikan apa yang direncanakan maupun dilakukan. Rasa percaya diri bukan sesuatu yang terbentuk sejak lahir, rasa percaya diri terbentuk sejalan dengan proses yang dijalani dan dialami selama hidup. Untuk melatih dan membangun rasa percaya diri, dapat dimulai dari lingkungan keluarga. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi rasa percaya diri yaitu keadaan fisik, tingkat pendidikan, kualitas hubungan dalam keluarga, interaksi sosial, dan jenis kelamin.

Percaya diri itu dapat membantu kita dalam meningkatkan skill Public Speaking, selain itu percaya diri banyak memiliki manfaat untuk kehidupan antara lain sebagai berikut:

#1 Dapat membuat hidup lebih nyaman

Hidup menjadi nyaman dan menyenangkan apabila mempunyai rasa percaya diri. Dengan percaya diri, kita tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain. Selain itu, dapat melatih kita menjadi orang yang lebih bersyukur.

#2 Dapat membuat mental kita menjadi kuat

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri akan membuat seseorang lebih tahan terhadap tekanan atau masalah yang sedang dialami. Seseorang akan mampu menghadapi berbagai macam situasi dan kondisi yang berkaitan dengan masalah pribadi, sosial, bisnis dan lainnya.

#3 Dapat membantu mengendalikan berbagai hal

Dengan rasa percaya diri, seseorang akan mampu mengendalikan berbagai hal yang terjadi dengan kemampuan yang dia miliki.

#4 Dapat meningkatkan kemampuan belajar

Seseorang yang memiliki rasa percaya diri pasti akan selalu belajar dari pengalaman hidupnya sehingga dirinya selalu berproses untuk menjadi berkembang ke arah yang lebih baik. Seseorang dengan rasa percaya diri biasanya melakukan evaluasi semua yang terjadi pada hidupnya sehingga mendapatkan pelajaran yang berguna.

Seorang mahasiswa harus memiliki rasa percaya diri agar siap terjun di kehidupan masyarakat. Mahasiswa diharapkan mampu dan siap untuk berada diberbagai situasi. Selain itu, mahasiswa diharapkan mampu untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain untuk membangun relasi yang lebih luas. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan rasa percaya diri?

♥ Pahami kekurangan dan kelebihan pada diri sendiri

♥ Selalu berpikir positif

♥ Jangan membandingkan diri dengan orang lain

♥ Belajar untuk menerima kritik

♥ Selalu belajar dan menambah wawasan

♥ Bergaul di lingkungan yang membangun dan positif

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan rasa percaya diri, namun jangan mempunyai rasa percaya diri yang berlebihan ya! Dan harus diingat juga bahwa membangun rasa percaya diri itu membutuhkan proses ya #LIKMILeaders!