fbpx
Select Page

Branding merupakan sebuah kegiatan dalam bisnis untuk memasarkan brand sebuah perusahaan dengan menggunakan nama, simbol atau desain untuk memberikan pandangan kepada orang-orang yang melihatnya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat dan mempertahankan sebuah brand agar semakin dikenal oleh masyarakat. Tidak cukup waktu sebentar untuk membangun brand ini agar dikenal masyarakat luas namun apabila dilakukan dengan tepat maka perusahaan akan mendapatkan loyalitas dari konsumen. Branding tidak hanya diperlukan untuk perusahaan yang baru dirintis namun kegiatan ini diperlukan juga oleh perusahaan besar agar branding-nya semakin besar dan tetap menjadi primadona di kalangan masyarakat.

Branding ini berhubungan dengan ilmu komunikasi dan pemasaran, oleh karena itu branding harus dilakukan dengan ilmu strategi dan orang yang tepat karena kegiatan ini dimanfaatkan juga untuk membangun citra positif dan reputasi perusahaan agar konsumen percaya. Apabila citra positif terbangun pada masyarakat maka perusahaan akan mudah melakukan penjualan jasa/produk sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan. Keunggulan lainnya dari Branding adalah mendapatkan posisi (positioning) yang kuat dan unggul dalam sebuah kategori bisnis. Selain beberapa penjelasan tersebut, berikut beberapa alasan mengapa branding itu penting

#1 Dapat memberikan ciri khas perusahaan

Dalam kegiatan branding, perusahaan akan berusahaan untuk mempunyai ciri khas dan berbeda dengan perusahaan lainnya agar mudah dikenali masyarakat.

#2 Branding merupakan promosi

Kegiatan branding harus dilakukan semaksimal mungkin dan harus berhasil memikat masyarakat agar perusahaan menjadi terkenal dan banyak konsumen yang membeli atau menggunakan sebuah produk/ jasa yang ditawarkan perusahaan.

#3 Perusahaan dapat menjadi pengendali pasar

Perusahaan akan menguasai dan mengendalikan pasar maksud dari hal ini adalah masyarakat akan cenderung untuk mengkonsumsi suatu produk/ jasa dan memilih perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas.

Dan penasaran mempelajari branding bisnis lebih lanjut? Daftarkan diri kamu ke Program S1 Creative Digital Business STMIK LIKMI, konsultasikan lebih lengkap melalui Whatsapp (0817219966)