fbpx
Select Page

Ujian Akhir Semester (UAS) telah selesai dan libur semester pun telah tiba. Apalagi di bulan ini kita akan merayakan libur tahun baru juga. Mahasiswa biasanya menggunakan waktu ini untuk liburan, piknik atau pulang kampung apabila ada yang berasal dari luar kota namun ada juga yang memilih untuk berdiam di kost atau di rumah karena malas untuk berpergian. Apabila mahasiswa yang tidak akan liburan namun orangnya aktif dan produktif, kamu dapat memanfaatkan liburan ini untuk menambah atau meningkatkan skill kamu nih!

Apa sih kegiatan yang bisa dilakukan? Mari kita bahas beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan skill

Mengikuti Training atau Kursus

Mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk kursus singkat atau pelatihan, kamu dapat memilih kursus yang bisa meningkatkan kemampuan skill dan terpakai di masa depan contohnya training atau kursus desain grafis, public speaking / presentasi, bahasa inggris atau TOEFL Preparation, Digital Marketing dan sebagainya. Kegiatan ini dapat dilakukan offline atau online tergantung kebutuhan kamu. Tahukah kamu kalau STMIK LIKMI juga membuka kursus loh, chat admin pada 0817219966 kalau kamu ingin tahu ya

Membuka Bisnis Kamu Sendiri

Apabila kamu memiliki modal atau tabungan yang berlebih, kamu dapat mencoba membangun bisnis sendiri dan disesuaikan dengan passion kamu. Misalnya kamu suka dengan fashion, kamu dapat berbisnis jualan online. Kamu bisa menjual barang orang lain atau membangun brand kamu sendiri. Selain itu apabila kamu suka masak, kamu dapat membuat bisnis secara Pre order untuk masakan kamu. Apabila kamu belum mempunyai modal, kamu bisa juga untuk menjadi reseller dari penjual yang lainnya.

Menjadi Relawan

Banyak manfaat yang kamu dapatkan dengan menjadi relawan diantaranya meningkatkan pahala, membangun jiwa sosial, dapat membantu dan meringankan beban orang lain yang membutuhkan. Selain itu, kamu dapat menambah jaringan atau relasi dengan banyak pihak.

Membantu Membuat Jurnal Penelitian

Dekatkan diri kamu pada dosen yang gemar melakukan penelitian, hal ini merupakan kesempatan langka dan sangat sedikit mahasiswa yang mendapatkan kesempatan ini. Dosen yang akan melakukan penelitian biasanya membutuhkan orang yang dapat membantu saat melakukan penelitian seperti membantu dalam hal menyebar kuisioner, menemui responden, atau menemani dosen melakukan survei lapangan. Setelah itu kamu dapat membantu membuat jurnal penelitian dan biasanya nama kamu juga akan tercantum pada jurnal tersebut.

Nah berikut beberapa kegiatan yang dapat membantu mahasiswa meningkatkan skill untuk mengisi liburan semeser agar lebih bermanfaat. Happy Holiday #LIKMILeaders